Tuesday, April 26, 2016

Khasiat dan Manfaat Surah Al-Fill

Surah Al-Fill
 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

أَلَمْ تَرَ‌ كَيْفَ فَعَلَ رَ‌بُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ
أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ
وَأَرْ‌سَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرً‌ا أَبَابِيلَ
تَرْ‌مِيهِم بِحِجَارَ‌ةٍ مِّن سِجِّيلٍ 
فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍ 

Surah Al-Fill (Bahasa arab : الفيل, Al-Fil, " Gajah")

Allah Jalla wa ‘Ala menurunkan suatu surat di dalam Alquran yang mengisahkan tentang suatu kejadian di masa lalu. Masa menjelang kelahiran Nabi kita yang mulia, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Surat ini Allah namakan dengan surat al-Fil yang artinya gajah.
Surat al-Fil adalah surat makiyah, yakni surat yang diturunkan sebelum Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hijrah ke Madinah. Surat al-Fil mengisahkan tentang seorang Gubernur Yaman yang bernama Abrahah yang hendak menghancurkan Ka’bah. Saat itu Yaman merupakan bagian dari Kerajaan Habasyah yang beragama Nasrani.

Allah Ta’ala berfirman kepada Nabi Muhammad, «أَ لَمْ تَرَ کَیْفَ فَعَلَ رَبُّکَ بِأَصحْابِ الْفِیلِ» (Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhan-mu telah bertindak terhadap tentara bergajah)? yakni memperhatikan atau melihat dengan mata hatimu wahai Muhammad. 


Dalam menjawab pertanyaan ini kita dapat menjumpainya dalam poin ini bahwa ayat ini ingin mengambil pengakuan; Allah Swt bertindak demikian dalam menghadapi bala  tentara Abrahah; wahai Rasul! Engkau yang merupakan utusan dan orang kepercayaan kami serta berusaha di jalan Kami pasti akan mendapatkan pertolongan Kami dan sekali-kali engkau tidak boleh takut terhadap musuh-musuhmu.


Khasiat Surah Al-Fill ntuk mencegah terkena suatu penyakit

Bacalah Surah Al-Insyirah dan Surah Al-Fiil masing-masing 3x setiap habis sholat Subuh dan sholat Ashar, niscaya tidak akan tertimpa suatu penyakit apapun

Adapun Khasiat surah Al-Fill yang lain adalah

  • Apabila Surah Al-Fiil dibaca bersama Surah Al-Insyirah sesudah melakukan sholat subuh, yaitu pada rakaat pertama, setelah membaca Surah Al-Fatihah baca surah Al-Fiil, niscaya tidak ada tangan jahat yang dapat menjamahnya. Hanya syaratnya harus dilakuka secara rutin (istiqamah) dan terus menerus (mudawamah).
  • Apabila dibaca di dalam pertempuran, Insya Allah musuh akan lari dengan sendirinya karena dibayang-bayangi oleh perasaan takut yang mencekam. Lebih utama bila pemimpin pasukan tempur bersama-sama anak buahnya membaca surat ini.
  • Apabila ditulis pada (pecahan genting atau atap) waktu menulisnya dalam keadaan suci, lalu ditanam dirumah musuh yang dzalim (menanamnya ditempat yang tidak dipijak) maka rumah itu setiap saat seakan-akan dilempari batu sehingga menyebabkan orang yang dzalim tadi tidak sanggup tinggal dirumahnya. Keadaan seperti ini terus berlangsung selama pecahan genting tersebut belum diambil
  • Apabila dibaca 20x selama 7 hari akan disampaikan hajat yang pelik dan ganjil. Apabila dibaca 1,000x selama 40 hari akan dimurahkan rezeki dan disampaikan hajat. 
  • Apabila dibaca 1,000x selama 10 hari jika selama hidupnya dibenci orang nescaya akan dikasihi. 
  • Apabila dibaca 170x pada makanan atau gula-gula atau minyak wangi diberi pada wanita atau isteri dengan izin Allah Subhanahu wa Ta'ala dikasihi dan disayangi. 
Untuk itu kita di wajibkan untuk saling tolong menolong dan menghindari rasa iri hati dan dengki, tidak akan pernah disuka oleh orang lain apalagi oleh Allah SWT.
Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan dapat memberikan kita semangat untuk terus memperbaiki ibadah kita kepada AllahSWT

No comments:

Post a Comment