Tuesday, February 21, 2017

khasiat dan manfaat surat Adh Dhuha

Surat Adh-dhuha adalah surat yang ke 93, dan terdiri dari 11 ayat. Oleh karena itu, dinamakan surat Adh-dhuha karena di ambil dari lafath Adh-dhuha yang terdapat pada ayat yang pertama, yang artinya: Waktu naik matahari sepenggalan. Surat Adh-dhuha berisi keterangan mengenai bimbingan dan pemeliharaan Allah swt, terhadap Nabi Muhamad saw, dengan cara tak terputus, dan mengandung perintah kepada Nabi Muhamad saw supaya mensyukuri segala nikmat yang ada. Di dalam surat ini di tegaskan larangan menghina anak yatim dan menghardik orang yang meminta-minta.


Didalam surat Adh-Dhuha Allah swt bersumpah dengan waktu dhuha dan waktu malam, "demi waktu matahai sepenggalan naik, dan demi malam apabila telah sunyi" (QS.93 ayat 1-2)

Dan pernahkah terlintas dalam benak kita mengapa Allah swt sampai bersumpah pada kedua waktu itu, sampai beberapa ahli tafsir berpendapat; bahwa kedua waktu itu adalah waktu yang paling utama dalam setiap harinya. Imam Arrazi menerangkan bahwa Allah swt, setiap bersumpah dengan sesuatu itu menunjukan hal yang agung dan besar manfaatnya, dan bila Allah sersumpah dengan waktu dhuha, berati waktu dhuha itu adalah waktu yang sangat penting.

Bayangkan, hanya dengan menunaikan sholat dhua kamu bisa memperoleh pahala layaknya menunaikan ibadah haji dan umrah. Sungguh besar kenikmatan Allah s.w.t manfaat dari sholat Dhuha

1. Bersedekah bagi persendian dan seluruh ruas tubuh.
dari Abu Dzar al ghifari, ia berkata bahwa Nabi muhamad saw bersabda: 


"di setiap sendi seorang terdapat sedekah, dan stiap tasbih itu adalah sedekah,setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma`ruf adalah sedekah, mencegah yang munkar adalah sedekah, Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rokaat sholat dhuha" (HR Muslim)

2.Akan di Ampuni segala dosanya
"orang yang sholat dhuha akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah,  barang siapa yang selalu mengerjakan sholat dhuha niscaya akan di ampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan" (HR.Tarmudzi)

3. Akan di masukan kedalam golongan orang-orang yang selalu bertaubat
"tidaklah seseorang selalu mengerjakan sholat dhuha kecualiia telah tergolongsebagai orang yang bertaubat" (HR. Hakim)

4.Akan di masukan kedalam golongan orang-orang yang ahli ibadah.
" Barang siapa yang mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barang siapa yang mengerjakanya sebanyak empat rekaat, maka ia di tulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barang siapa mengerjakan enam rekaat, maka ia di selamatkan di hari itu. Barang siapa mengerjakan delapan rekaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. barang siapa mengerjakanya dua belas rekaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya" (HR At-Thabrani)

5.Akan masuk surga lewat pintu khusus.
"Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu yang bernama pintu dhuha. Apabila kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, Dimanakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan sholat dhuha? ini adalah pintu buat kalian, Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata`ala" (HR. At-Thabrani)

6. Akan di cukupkan rezekinya.
"Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rekaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan mencukupimu di akhir harimu" (HR. Abu Darda)

Dan ini adalah doa, sehabis sholat duha












Semoga bermanfaat, dan semoga bisa menjadikan kita selalu istiqomah dan takwa kepada Allah swt. selalu mematuhi perintahnya dan menjauhi segala laranganya. semoga kita selalu di jauhkan dari segala musibah, di dekatkan rezekinya, dan di permudah segala urusanya Aamiin.

No comments:

Post a Comment