Tuesday, April 26, 2016

Keutamaan dan Manfaat Surah Al-Qadar'

Keutamaan Surah Al-Qadar'

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْر(1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ(2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْر(3) تَنَزَّلُ الْمَلَئِكَةُ وَ الرُّوْحُ فِيْهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِّنْ كُلِّ أَمْرٍ(4) سَلاَمٌ هِىَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ(5
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”.
 
Keutamaan dan Manfaat surat Al-Qadar

1. Untuk keberkahan dan lancar rezekinya.
Apabila seseorang membeli pakaian baru, maka jangan langsung memakainya, namun cucilah terlebih dahulu, setelah kering sebelum anda memakainya percikkan dahulu dengan air yang sudah dibacakan Surah Al-Qadar sebanyak 36x. Insya Allah selama anda memakai baju tersebut rezekinya akan datang mengalir dengan lancar dan juga barokah.

2. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malam Al-Qadar.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613).

Siapa yang membaca ketika pagi dan petang sebanyak 21 kali akan melihat Nabi S.A.W.  Jika dibaca selepas solat Jumaat akan dijelaskan hutang piutangnya tanpa terhitung. Jika dibaca kepada orang yang sakit tenat tidak akan dimatikan sebelum dia diperlihatkan tempatnya di dalam syurga. Jika dibaca kepada telinga Hamba dan binatang ternakan akan dipelihara oleh Allah.

3. Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Tidak ada seorang pun hamba yang membaca surat Al-Qadar tujuh kali sesudah shalat Subuh, kecuali para malaikat ber-shalawat kepadanya 70 shalawat dan mencurahkan rahmat kepadanya 70 rahmat.” (Mafatihul Jinan: 79).

4. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar dalam shalat-shalat fardhunya, malaikat memanggilnya: Wahai hamba Allah, Allah telah mengampuni dosamu yang lalu, maka mulailah amalmu yang baru.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 612). 


Selepas setiap solat fardhu di baca 1 kali akan dijauhkan dari kebimbangan dan kesedihan, diwariskan keberkatan pada rumah tersebut. Siapa yang menulis pada suatu bekas dan dipadam dengan air kemudian diberi minum kepada anaknya nescaya tidak akan Fasiq.

5. Imam Ali Ar-Ridha (sa) berkata: “Barangsiapa yang berziarah ke kubur saudaranya yang seiman, kemudian ia meletakkan tangannya pada kuburannya sambil membaca surat Al-Qadar (7 kali), Allah menjamin baginya keamanan dari ketakutan yang paling besar.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 613).
 

6. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) menasehati para sahabat dan pengikutnya: “Barangsiapa yang sakit, hendaknya ia mengambil bejana yang baru, kemudian diisi air oleh dirinya sendiri, lalu membacakan pada air itu surat Al-Qadar secara tartil sebanyak (30 kali), kemudian air itu diminum, dibuat wudhu’ dan diusapkan pada bagian yang sakit, jika airnya kurang bisa ditambahkan. Jika hal itu dilakukan, insya Allah dalam waktu tiga hari Allah akan menyembuhkannya dari penyakit itu.

Selepas Isya’ di baca 7 kali, terpelihara dari bala’ yang akan turun, dan akan meminta ampun kepada Allah oleh Malaikat kepada pembaca. Siapa yang membaca terhadap apa yang dihajati (diingini) akan dikembalikan dalam keadaan gembira.Siapa yang membaca untuk sesuatu hajat akan ditunaikannya. Ketika belayar tidak akan ditenggelamkan, terjatuh kedalam air. Begitu juga kepada pengguna kenderaan, sekiranya dibaca tidak akan jatuh atau terkeluar darinya Siapa yang dahaga dan membaca surah ini nescaya akan diberi oleh Allah tanpa terhitung banyaknya.

 6. Untuk dapat bermimpi dengan Nabi Muhammad Saw.
Apabila ingin berjumpa dengan Nabi Muhammad Saw dalam mimpinya, maka ia harus membaca surah Al-Qadar sebanyak 1000x setiap malam Jum'at. Insya Allah sebelum meninggal ia akan bermimpi bertemu Nabi Muhammad Saw.
Dan apabila dalam mimpinya bertemu Nabi Muhammad Saw niscaya orang tersebut masuk Surga.


Demikianlah Khasiat dan Manfaat dari Surah Al-Qadar. Semoga bisa menjadi pedoman dan berguna bagi kita semua.. Amin..









3 comments:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete