Wednesday, April 27, 2016

Khasiat dan Manfaat Surah Al-Quraisy



Khasiat dan Manfaat Surah Al-Quraisy

بسم الله الرحمن الرحيم

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ

إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ

فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ

الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ


Surat Al Quraisy berasal dari nama Al Quraisy diambil dari lafal Quraisy yang terdapat pada ayat pertama surat ini, yang artinya adalah suku Quraisy. Surat ini berisi peringatan kepada orang Quraisy tentang nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah kepada mereka. mendapat kepercayaan menjaga Ka'bah Karena itu diperintahkan untuk menyembah kepada Allah. Pokok isinya surah ini menerangkan kehidupan orang Quraisy serta kewajiban yang seharusnya mereka penuhi.

Khasiat dan Manfaat surat Quraisy

  • Barangsiapa yang membaca pada makanan yang dikuwatirkan akan menimbulkan mudarat terhadap badannya seperti santau atau racun, maka hal itu akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan makanan itu tidak akan membahayakan bahkan menjadikan berkat terhadap dirinya.
  • Bila dibaca pada bahan makanan untuk orang ramai (misalnya beras untuk kenduri) Insya Allah bahan makanan itu akan membawa berkah.
  • Tulis surah ini dengan minyak zaitun, lalu dilebur dengan air hujan dan diminumkan kepada orang yang termakan racun, maka tidak akan mendatangkan bahaya sama sekali terhadap dirinya.
  • Bila ditulis pada piring, menulisnya harus dalam keadaan suci lalu dilunturkan denga air biasa, kemudian air itu diminumkan orang yang terkena bisa atau keracunan, Insya Allah sembuh. bisa atau racun itu akan menjadi tawar denga izin Allah swt.
  • Bila air itu diminumkan kepada orang yang sedang kebingungan, Insya Allah dia akan sadar dan hilar bingungnya.
  • Apabila surah ini ditulis dan dileburkan dengan air lalu diminumkan kepada orang yang bingung dan pelupa, maka dia akan sembuh dari keluhannya dengan izin Allah.
  • Untuk merawat sakit buah pinggang, bacalah surah ini kemudian tiupkan kepada makanan sebelum memakannya. InsyaAllah sakit buah pinggang akan beransur sembuh.
  • Untuk menjaga supaya badan sentiasa berada dalam keadaan sihat, segar dan tidak lembik, kita hendaklah selalu mengamalkan membaca Surah Quraisy
  • Barang siapa membaca surat ”Quraisy” akan dihilangkan beban pikirannya, kesedihan,was-was dan dilindungi dari segala kejahatan. Dan kalau dibaca pada suatu makanan, maka akan dihilangkan oleh Allah bahaya dari makanan itu. 

Banyak Ahli tafsir mengatakan sesungguhnya jar-majrur di awal surat Al Quraisy adalah muta’aliq (berhubungan) dengan surat sebelumnya. Artinya : “kami telah melaksanakan apa yang Kami lakukan terhadap tentara bergajah untuk Quraisy, agar mereka mendapatkan : keamanan, kebutuhan, dan kestabilan perjalanan mereka ke Yaman pada musim  dingin dan ke Syam pada musim panas untuk berdagang dan mencari mata pencaharian.”
Lalu Allah membinasakan orang-orang yang hendak berbuat keburukan terhadap mereka dan mengagungkan tanah Al Haram serta penduduknya di hati bangsa Arab, sehingga bangsa Arab menghormati mereka dan tidak menghalanginya dalam perjalanan kemanapun yang mereka inginkan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan semoga bisa menambah ketakwaan kita kepada Allah akan semua nikmat-nikmatnya yang tak terhingga. tidak penyakit yang tidak ada obatnya. dan semoga yang lagi di beri ujian penyakit cepat sembuh seperti semula Aamiin.



No comments:

Post a Comment