Wednesday, April 27, 2016

Khasiat dan Manfaat Surah Al-Humazah



Khasiat dan Manfaat Surah Al-Humazah

بسم الله الرحمن الرحيم
# كَلا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ # يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ # الَّذِي جَمَعَ مَالا وَعَدَّدَهُ # وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ
فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ # إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ # الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الأفْئِدَةِ # نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ # وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ

Surat Al Humazah terdiri atas 9 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Qiyaamah. Dinamai Al Humazah (pengumpat) diambil dari perkataan Humazah yang terdapat pada ayat pertama surat ini. dan diambil dari ayat pertama surat ini. Pokok isi surat ini adalah ancaman Allah terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat dan suka mengumpulkan harta tetapi tidak menafkahkannya di jalan Allah. 
 
Pada zaman Nabi Muhammad SAW terdapat seorang musyrik yang bernama Al-Akhnas bin Syuraiq. Dia adalah orang yang sangat membenci Nabi SAW. Setiap bertemu Nabi dia mencaci maki beliau. Jika Nabi tidak ada, dia menjelek-jelekkan beliau di depan orang banyak. Karena itu, Allah menurunkan surat Al Humazah yang menjelaskan bahwa orang seperti itu akan celaka. Sekalipun begitu, ayat ini tidak hanya berlaku pada Al- Akhnas bin Syuraiq, tetapi juga bagi semua orang yang seperti dia. Hammaz adalah orang yang menghina dengan perkataan.  Lammaz adalah orang yang menghina dengan perbuatan Ancaman Allah terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat dan suka mengumpulkan harta tetapi tidak menafkahkannya di jalan Allah


Khasiat Surah Al-Humazah

  • Barangsiapa yang membacakan surah al-Humazah ini kepada orang yang sakit mata, mudah-mudahan dengan izin Allah, ia akan segera sembuh.
  • Siapa yang mau membacanya setiap selesai mengerjakan Sholat Sunnat Rawatib atau Sholat-sholat Sunnat yang lain, maka ia akan mendapat kelapangan rezeki dan hartanya juga akan bertambah banyak.
  • Barangsiapa membacanya berterusan, nescaya ia akan bertambah kaya dan akan murah rezekinya.
  • peringatan  akidah tentang kebangkitan dan balasan. peringatan dari ghibah (membicarakan aib orang lain) dan namimah ( adu domba). menerangkan tercelanya orang-orang yang terfitnah oleh harta dan ta’jub padanya. Penjelasan tentang dahsyat dan sangat buruknya azab nereka. kehinaan, azab dan kebinasaan bagi setiap penggibah, pencela, penikam harga diri orang, dan yang bakhil dengan hartanya.
  • Barang siapa membaca Surah Al-Humazah 7 kali secara rutin pagi dan sore hari InsyaAlloh atas izin Allah SWT tertindar dari gangguan sihir.

Manfaat Surah Al-Humazah


Manfaat yang pertama adalah untuk menyadarkan manusia tentang adanya siksaan bagi orang yang senang mengumpat orang lain dan suka menimbun hartanya tanpa memikirkan orang lain, karena neraka Huthamah disediakan bagi orang yg melakukan semua itu.
  
Manfaat yang kedua kita perlu hati hati dan bijaksana jangan saling tuding karena kita tidak tahu bisa jadi pelaku cuma berkedok islam biar nama Islam makin rusak dinegeri ini, atau bisa jadi ini membentuk opini publik untuk mengarahkan pada islam dan kelompok tertentu, lihat saja Kata Al-Humuzah jadi Al-Humazah

Mengenai kata “هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ”, para ulama berselisih pendapat apakah kedua kata tersebut bermakna sama ataukah berbeda.

  • Humazah berarti mengejek dengan mata dan lumazah berarti mengejek dengan lisan. Inilah pendapat Qotadah. 
  • Humazah berarti mencela dengan tangan ditambah memukul dan lumazah berarti mencela dengan lisan sebagaimana pendapat Ibnu Zaid. 
  • Humazah berarti mencela dengan lisan, sedangkan lumazah berarti mencela dengan mata. Demikian pendapat Sufyan Ats Tsauri. 
  • Humazah berarti mencela manusia di belakangnya, sedangkan lumazah berarti mencela manusia di hadapannya. Inilah pendapat Maqotil.
  • Humazah bermakna menggibahi (menjelek-jelekkan di belakang), sedangkan lumazah bermakna menjelek-jelekkan. Demikian pendapat Ibnu ‘Abbas. 
  • Humazah bermakna mencela manusia di hadapannya, sedangkan lumazah berarti menjelekkan manusia di belakangnya. Inilah pendapat Al Hasan Al Bashri, ‘Atho’ dan Abul ‘Aliyah. 
  • Humazah bermakna mencela manusia. Adapun lumazah bermakna mencela nasab manusia. Demikian pendapat Mujahid. 
Semoga dapat bermanfaat dan kita dapat mengambil hikmah dari Surah Al-Humazah











No comments:

Post a Comment