Wednesday, April 27, 2016

Khasiat dan Manfaat Surah Al-Ashr'



Khasiat dan Manfaat Surah Al-Ashr’

بِِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
وَالْعَصْرِ
إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran"

Di awal surat ini, Allah Ta’ala bersumpah dengan masa/waktu. Di dalam ilmu tafsir, lafadz sumpah dalam Al Qur’an bermakna agungnya sesuatu yang digunakan untuk bersumpah dan pentingnya sesuatu yang menjadi sebab sumpah. (Lihat Ushul fit Tafsir, hal 56).

Pada kehidupan dunia yang fana ini, tidak ada seorang pun yang menginginkan dirinya merugi. Akan tetapi, kebanyakan manusia lalai dari hal-hal yang dapat mengantarkannya menuju keberuntungan dan menjauhkannya dari kerugian, serta memberikan kebahagiaan yang hakiki dan menghilangkan kesedihan dalam mengarungi kehidupan yang penuh ujian dan cobaan. 

Allah SWT telah menggambarkan kerugian yang akan dialami bani Adam kecuali bagi mereka yang bersungguh-sungguh menggapai, mengamalkan, dan mempertahankan hal-hal tersebut agar terus menyelimuti serta mensifati dirinya sampai ajal menjemputnya.

Demi masa sesungguhnya semua manusia dalam keadaan merugi baik orang miskin maupun kaya, orang punya pangkat maupun tidak, orang tua maupun muda. Semuanya dalam keadaan merugi.

Khasiat Surah Al-Ashr'

  • Apabila dibaca berulang-ulang dan setiap kali selesai membaca ditiupkan pada orang yang sakit panas, maka dengan izin Allah ia akan segera sembuh.
  • Barang siapa menulis di empat pecahan gentingdan ia letakkan di tempat gudang penyimpanan hasil bumi, di keempat sudut, maka atas izin Allah SWT apa yang ada didalam gudang tersebut akan terjaga dalam setiap bahaya.

Manfaat Surat Al ‘Ashr'

Surat Al ‘Ashr adalah surat yang pendek dan hanya terdiri dari 3 ayat. Namun surat ini memiliki kandungan yang sangat agung, yaitu menjelaskan prinsip kehidupan seorang muslim.
Imam Syafi’i rahimahullahu mengatakan, “Seandainya Allah tidak menurunkan surat kepada makhluk-Nya, kecuali hanya surat Al ‘Ashr, niscaya sudah mencukupi mereka”.
Sebagai umat muslim, masih banyak yang jarang mengetahui isi kandungan surat Al-Ashr. Untuk itu saya akan memaparkan beberapa keutamaan surat Al-Ashr diantaranya : 

  • Jaga waktu, Ajaran Islam sangat menghargai waktu. Allah Swt. Sendiri berkali-kali bersumpah dalam al-Qur’an berkaitan dengan waktu. “ Wal ‘Ashri
  • Fondasi dari semua ini adalah shabr, 'kesabaran', karena Allah adalah Yang Mahasabar, al-Shabur. Allah berada di luar waktu. Kesabaran berarti menyusutkan waktu. Umpamanya, jika kita ingin memakan buah mentah sebelum waktunya dan kita tahu harus menunggu tujuh hari sebelunn buah itu siap dimakan, maka kita siap untuk menunggu. Yang harus kita lakukan adalah membekukan waktu seminggu menjadi 'waktu nol'. 
  • Pelajari manusia, coba kita renungkan diri masing-masing. Mengapa banyak diantara manusia yang tidak bersyukur akan ciptaan-Nya. Diantaranya adalah karena mereka tidak tahu akan dirinya, siapa yang menciptakan, untuk apa diciptakan, dan kepada siapa mereka dikembalikan. Dengan mengenal diri maka kita akan mengenal Tuhannya, sesuai sabda Rosulullah Saw : Artinya : barang siapa mengenal dirinya maka akan mengenal Tuhannya.
  • Di dasari hidup dengan iman, Iman adalah membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan. Iman bukanlah bentuk barang yang nyata, tetapi iman adalah abstrak tidak bisa dilihat. Namun contoh riil dari buahnya iman adalah seorang yang pandai menjaga diri dari kemaksiatan dan kejelekan. Seseorang yang memiliki iman yang kuat bisa memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh karena itu hidup kita supaya selamat dunia dan akhirat harus didasari dengan iman.
  • Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Iman adalah beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari kiamat, dan kalian beriman kepada taqdir yang baik maupun Kerana setelah Allah s.w.t menyebutkan bahwa seluruh manusia berada dalam kerugian, Dia memberi pengecualian dari golongan manusia tadi. Siapa golongan yang dikecualikan itu ?. Mereka itu adalah golongan yang mampu menggabungkan antara 4 perkara yaitu : Iman, Amal soleh. Dakwah dan  Sabar. yang buruk”. (HR.Muslim).
  • Isilah kehidupan dengan amal yang sholeh, amal yang sholeh adalah amal atau perbuatan yang diperintahkan oleh Allah melalui Rosulnya. Adapun contoh dari amal sholeh adalah melaksanakan sholat lima waktu setiap hari, mengikuti jama’ah pengajian dimana pun berada, memberiikan sodaqah bagi orang yang membutuhkan dan masih banyak lagi.
Dari penjelasan tersebut, menunjukkan pentingnya waktu. Waktu adalah tempat seorang hamba melakukan berbagai aktivitasnya, satu diantaranya adalah dengan beribadah kepada Allah SWT. Sehingga mulianya seorang hamba di sisi Allah tergantung sejauh mana ia menjaga dan memanfaatkan waktu yang dimilikinya.

Hendaknya kita mengingat sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tidaklah bergeser telapak kaki hamba pada hari kiamat, sampai ia ditanya tentang lima perkara: umurnya untuk apa ia gunakan, masa mudanya untuk apa ia habiskan, hartanya dari mana ia dapatkan dan untuk apa ia belanjakan, sehatnya sebelum ia datang sakitnya, dan apa yang ia perbuat dengan ilmu-ilmu yang telah ia ketahui.” (HR. Tirmidzi, dinilai shahih oleh Al Albani

Semoga Allah SWT memberikan Taufik dan Hidayah kepada kita untuk menyempurnakan keempat-empat  hal ini, sehingga kita dapat memperoleh keuntungan yang besar di dunia ini, dan lebih-lebih di akhirat kelak. Amiin Amin Amin Ya Robbal 'alamin

No comments:

Post a Comment